Jaringan Saraf – Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur, dan Fungsi

Jaringan Saraf – Pengertian, Karakteristik, Jenis, Struktur, dan Fungsi – Jaringan saraf adalah jaringan yang ada dalam tubuh makhluk hidup berfungsi untuk menghantarkan impuls (rangsangan) yang diterima sistem syaraf tepi menuju sistem syaraf sentra, dan dari saraf sentra ke organ lainnya. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Jaringan Saraf di bawah ini.

Jaringan Saraf

Pengertian Jaringan Saraf

Jaringan saraf adalah jaringan yang ada dalam tubuh makhluk hidup berfungsi untuk menghantarkan impuls (rangsangan) yang diterima sistem syaraf tepi menuju sistem syaraf sentra, dan dari saraf sentra ke organ lainnya. Itulahta sebabnya kita mampu mencicipi sakit, merasakan rasa kuliner, menghirup wangi. Segala tindakan insan maupun hewan akan melalui sistem saraf otak atau sum-sum tulang belakang. Otak akan berfikir dan menawarkan respon terhadap semua tidakan bergerak insan. Kegiatan semua insan akan dikendalikan melalui sistem saraf tersebut.

Jenis  Jenis Sel Saraf

Berikut ini ialah jenis sel saraf antara lain:

1. Sel Saraf Sensorik (Neuron Sensori)

Sel saraf sensorik atau sensori adalah sel saraf yang fungsinya untuk memberikan impuls atau  memberi rangsangan dari reseptor atau penerima rangsangan menuju ke sel saraf penghubung atau sistem saraf sentra (sumsum tulang belakang dan otak).

2. Sel Saraf Penghubung (Neuron Intermediat)

Sel saraf penghubung atau neuron intermediat adalah sel saraf yang membentuk rantai-rantai penghubung antara sel saraf sensorik dan sistem saraf sentra. Sel saraf penghubung hampir ada di seluruh bagian tubuh dan menjadi lintasan impuls bagi koordinasi saraf.

3. Sel Saraf Motorik (Neuron Motor)

Sel saraf motorik atau meuron motor adalah sel saraf yang fungsinya untuk mengirimkan impuls berupa perintah dari sistem saraf sentra menuju ke jaringan otot dan kelenjar untuk melakukan respon.

Karakteristik-Karakteristik Jaringan Syaraf

  1. Jaringan saraf terdiri dari sel-sel saraf (neuron) yang memiliki karakteristik sendiri, yaitu memiliki juluran sitoplasma yang panjang.
  2. Sel saraf juga disusun oleh sel neuroglia yang ada di sistem saraf sentra.
  3. Sel saraf menyebar di seluruh tubuh hewan.
  4. Di dalam satu sel neuron, sitoplasmanya mengandung ribosom, badan golgi, retikulum endoplasma, dan mitokondria. Neuron menerima pengiriman makanan melalui sel neuroglia yang menyelubunginya.
  5. Neuron tersusun dari badan sel, dendrit, serta akson

Struktur Jaringan Saraf

Berikut ini ialah struktur jaringan saraf beserta penjelasannya :

Struktur jaringan saraf

1. Badan Sel

Badan sel adalah bagian dari jaringan yang terbesar. Didalam badan sel ada nucleus yaitu inti sel jaringan saraf. Bagian ini berfungsi sebagai penerima impus atau rangsangan dari sitoplasma bercabang menuju akson.

2. Inti Sel (Nukleus)

Bagian jaringan safar inti sel (Nucleus) berfungsi sebagai regulator dari seluruh kegiatan sel saraf. Inti sel berada di dalam badan sel, dan mengambang di antara sitoplasma.

3. Sitoplasma

Bagian jaringan sitoplasma ini adalah cairan yang memiliki protein tinggi. Sitoplasma di bungkus oleh sel neurologia yang membantu sel untuk memperoleh suplai makanan.

4. Dendrit

Dendrit adalah bagian saraf yang sekumpulan serabut sel saraf pendek yang bercabang-cabang halus dan adalah perluasan badan sel. Dendrit berfungsi sebagai penerima impuls dan memberikan impuls yang diterimanya menuju badan sel.

5. Neurit (Akson)

Bagian saraf neurit (akson) adalah selaput sel saraf yang Panjang perluasan dari badan sel. Neurit berfungsi sebagai pengirim impus yang diperoleh dar badan sel menuju sel saraf melalui sinapsis. Akson dilindung oleh selubung meilin. Selubung ini berupa selaput berbahan lemak yang berfungsi melindungi akson dari kerusakan.

6. Sel Schwann

Sel schwann adalah sel penyokong akson yang berfungsi menyediakan suplai makanan bagi metabolisme akson & membantu regenerasi akson

7. Sinapsis

Bagian sel safar sinapsis adalah ujung akson berfungsi untuk meneruskan impuls menuju ke neuron lainnya. Sinapsis dari satu neuron akan terhubung dengan dendrit dari neuron yang lain.

Fungsi Jaringan saraf

Berikut secara umum dungsi saraf antara lain:

  • Untuk menghantarkan impuls (rangsangan)
  • Menawarkan respon
  • Mengolah rangsang
  • Memberi tanggapan

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Jaringan Saraf. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :

Be the first to comment

Leave a Reply