Fungsi laring Pada Manusia, Pengertian, Struktur, Bagian Bagian

Fungsi laring

Artikel makalah tenyang Fungsi laring pada insan meliputi dari pengertian, manfaat, tujuan klarifikasi, struktur, dan metode serta contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Pada kesempatan ini kami akan membahas fungsi laring, laring adalah salah satu jaringan yang terdapat pada organ tubuh insan dengan pangkal tenggorokan sehingga hal ini juga dapat mengatur rongga pernapasan insan yang di dasari dari peranan yang terdapat pada paru-paru. Untuk lebih mudah dalam memahami nya marilah simak pembahasan di bawah ini yang akan kami sampaikan pada artikel kami.

Pengertian Laring

Laring adalah salah satu saluran tubular yang tidak beraturan dan terletak di antara faring atau trakea pada mermulaaan pangkal pengecap sehingga akan berikatan dengan tulang yang rawan dengan membentuk struktur laring.

Laring atau yang di ibarakan sebagai kotak bunyi ialah organ di leher yang akan melindungi trakea sehingga akan terlibat dalam produksi bunyi dengan salah satu organ jalan pernapasan insan.

Hal ini juga dapat berfungsi padasaluran udara yang dapat melindungi organ setelahnya dapat mengatur masuknya udara ke dalam trakea yang akan melekat pada kerongkongan dengan sistem pencernaan dalam menjaga keamanan sistem pernapasan.

Baca Juga: Siklus Hayati Fauna

Fungsi Laring

Setelah Mengetahui beberapa ulasan di atas dengan penjelasan di atas, kami akan menawarkan beberapa fungsi laring yang akan ditemukan pada organ tubuh insan diantaranya ialah:

A. Menghasilkan bunyi

Fungsi utamanya ialah dapat membentuk bunyi pada insan dengan melibatkan sejumlah organ tubuh yang akan terlibat dalam menghasilkan bunyi pada paru-paru dengan berjalannya pada rongga hidung.

Proses pembentukan nya ialah :

B. Melindungi saluran pernapasan

Pada dasaran laring terdapat epligotis yang akan berfungsin menjadi katup laring dengan membuka atau menutup trakea dengan melindungi saluran pernapasan dari benda asing.

Untuk mencegah nya perlu melakukan beberapa hal di antaranya ialah:

  • Kunyah makanan hingga halus.
  • Nir menawarkan minuman saat anak menangis
  • Makan dengan posisi duduk.
  • Dudukkanlah 10 menit sesudah makan serta atur saluran pernapasan.

C. Mengarahkan makanan ketika masuk pada tubuh

Laring juga dapat berfungsi sebagai mengarahkan makanan ke kerongkongan dengan menelan makanan yang akan menempatkan epiglotis pada ketika makanan masuk eksklusif dari kerongkongan sehingga dapat melindungi tubuh insan dari beberapa makanan yang masuk yang akan menyebabkan sakit pada tenggorokan.

D. Menghubungkan trakea dan faring

Laring juga dapat berfungsi sebagai dapat menghubungkan trakea dengan tenggorokan pada ketika lisan mulai menelan makanan sehingga makanan masuk ke trakea akan dapat terkontrol dengan baik dan berfungsi untuk memahami tubuh insan.

E. Melindungi tabung trakea

Fungsi dasar yang terdapat pada laring ialah dapat mencegah masuknya makanan atau air selama makanan belum menerima saringan dari Epligotis secara otomatis akan menutup tabung trakea.

Baca juga: Fungsi Bronkiolus

Struktur Bagian-Bagian Laring

Dari beberapa ulasan di atas maka kami juga akan menawarkan beberapa struktur yang terdapat dalam laring ialah.

1. Jaringan Epitel

Dalam sturktur jaringan yang terdapat pada laring disebut sebagai epitan hal ini adalah sebuah rangkaian dengan pengaturan laring akan tetapi secara umum terdapat penyusunan silindris dengan jaringan epitel yang disusun oleh epiglottis.

2. Struktur Jaringan Ikat

Struktur yang terdapat pada laring juga sperti ikat dan ini jga dapat di bagi menjadai 2bagian diantaranya ialah:

Pada jaringan propia ini dapat berafiliasi pada jaringan ikat sehinga akan membentuk pada lapisan epitel yang akan berinteraksi pada jaringan yang lain. dengan demikian popria juga adalah suatu tulang yang rawan dengan laringeal yang akan mengkapur pada masa usia insan.

Yang di maksud dengan jaringan ligamen ialah sekelompok jaringan yang padat dan menghubungkan beberapa otot melalui tulang dengan memiliki bentuk mirip kabel bunyi dengan mendapatkan saluran pada bunyi insan.

3. Struktur Tulang Rawan

Struktur tulang rawan ialah hal yang dapat mengaturan jaringan laring yang akan dasari sehingga dapat dikategorikan sebagai salah satu tulang yang rawan hialin.

Makan dalam penggunaan tulang rawan akan melayani dengan dukungan struktural dan fungsional pada laring.

Diabwa ini ialah tulang laring yang berpasangan ialah Cricoid:

Pada tulang rawan nya ialah :

4. Struktur Jaringan Otot

Struktur yang terdapat pada jaringan laring juga ialah jaringan otot yang dapat mengatur pada rangka otot dengan bekerja sesuka hati nya dengan Bersamaan pada ligamen.

Sehingga dapat diklasifikasikan sebagai konstituen pada bunyi yang mencakup pada kebisingan dengan getaran yang terjadi dalam bunyi dan akan dihasilkan pada goresan ligamen pada saluran udara yang masuk pada tubuh insan.

5. Struktur Jakun

Struktur Jakun ialah salah satu jaringan yang terdapat pada laring denga jaringan tiroid yang akan terlihat mirip benjolan yang tampak pada leher seorang pria.

Sehingga pada dasarnya hal ini juga memiliki pada bagian tulang yang rawan tyang akan menjadi kawasan pertemuan pada jaringan Hyalinknorpel.

6. Struktur Epiglotis

Struktur Epiglotis adalah salah satu jaringan yang terdapat pada laring dengan epiglotis dan membetun serangkaian pada tulang yang rawan dan akan bersumbangan pada tulang belakang.

Epiglotis memiliki peranan yang akan dikonformasi supaya dapat mencapai pada saluran pernapasan dengan pencernaan epiglotis untuk menutup makanan pada kerongkongan insan.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai fungsi laring beserta struktur dan bagian-bagian nya, Semoga dengan adanya artikel yang singkat ini dapat berkhasiat dan bermanfaat untk kita semua. sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Fungsi Bronkus

Be the first to comment

Leave a Reply